Komponen mesin mobil
Blok silinder juga menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah mesin kendaraan. Komponen ini terletak tepat di bawah kepala silinder, dimana kedua komponen ini dihubungkan dengan beberapa baut dan gasket.
Fungsi utama dari blok silinder adalah sebagai tempat naik turunnya piston. Pada saat piston bekerja, maka akan terjadi pemindahan energi panas menjadi mekanis hingga akhirnya membuat mobil bisa berjalan. Secara umum, mobil yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan empat tabung silinder dengan posisi yang sejajar.
Selain menjadi tempat piston bekerja, blok silinder juga memiliki berbagai fungsi penting lainnya seperti tempat mengarahkan energi pembakaran, tempat mekanisme engkol, tempat saluran pendingin, tempat saluran oli pelumas dan masih banyak lagi.
2.Crankshaft atau Poros Engkol
Crankshaft atau poros engkol merupakan salah satu komponen engine yang berfungsi untuk mengubah piston yang bergerak lurus naik turun menjadi gerakan yang memutar. Putaran tersebut kemudian diteruskan ke transmisi sehingga mobil dapat bergerak maju atau mundur.
Dalam menjalankan tugasnya, poros engkol terdiri dari lima bagian, yaitu crank pin journal, main journal, crank pin oil hole, counter weight, dan crank arm. Komponen ini terletak di bagian bawah mesin dan menyatu dengan blok mesin.
3.Rocker Arm
Komponen berikutnya bernama rocker arm. Fungsi rocker arm sendiri menjadi tempat nok menekan batang katup buang dan hisap serta berfungsi untuk mengatur seberapa lebar celah katup.
Komentar
Posting Komentar